Google TV Inovasi Terbaru Google - Terjutek
Headlines News :
Home » , , , » Google TV Inovasi Terbaru Google

Google TV Inovasi Terbaru Google

Written By Nauli Wahyuda on Senin, 05 September 2011 | 11.08

Jaringan bisnis Google kian menggurita. Setelah merajai internet dengan multi layanan berbasis web yang mereka miliki (Google Search, Gmail, Blogger, Youtube, Google GravityGoogle Wave)kini mereka mulai merambah pasar pertelevisian dengan memperkenalkan Google TV. Google TV inovasi terbaru Google dan rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Google TV merupakan upaya Google menghadirkan situs web ke layar televisi. Layanan ini akan mulai disediakan oleh Google sebelum Desember 2010 di Amerika Serikat. Sedangkan untuk negara lain, Google menjanjikannya di 2011. CEO Google Eric Schmidt sebelumnya menyatakan bahwa layanan ini akan tersedia secara gratis. Google pun akan bekerjasama dengan beragam penyedia program dan produsen perangkat elektronik untuk Google TV.

"Kami akan bekerjasama dengan penyedia konten, tapi hampir tak mungkin kami akan melakukan produksi konten sendiri," tutur Schmidt dalam pidatonya di rangkaian pameran Internationale Funkausstellung Berlin (IFA Berlin) beberapa waktu lalu.

Dalam Demo Google TV tersebut, terlihat bahwa layanan televisi masa depan ini dapat berjalan dengan mulus ketika berganti channel dari TV menjadi akses internet. Bahkan, dalam satu layar bisa ditampilkan dua display sekaligus (internet dan TV).

Webb mengatakan, layanan TV pintar ini sudah layaknya seperti akses internet pada umumnya. Anda bisa mencari suatu informasi dalam mesin pencari Google, serta dapat berbagi game via Facebook dan situs lainnya.
Google TV adalah pengalaman baru yang mengkombinasikan TV konvensional dengan layanan internet yang telah diintegrasikan ke dalam perangkat televisi tersebut. Perangkat Google TV dilengkapi dengan browser Google Chrome untuk menjelajah web. Dengan menggunakan browser Google Chrome, pemirsa yang bosan nonton sinetron dapat berganti menjelajahi internet langsung dengan TV-nya - tanpa perlu lagi menyalakan komputer, laptop, netbook atau smartphone yang dimilikinya. Dengan kata lain, TV anda kini bukan hanya dapat berfungsi menampilkan tayangan gambar bergerak (video) dari saluran televisi kesayangan anda, tetapi berubah menjadi ladang hiburan multimedia di mana anda dapat melihat slideshow foto-foto yang anda simpan di situs Flickr atau Picasa, terhubung dengan channel streaming TV, konsol game, menyaksikan video streaming berdefinisi tinggi (HD) di Youtube, memutar musik, membaca-baca blog atau situs berita, dan banyak lagi kemungkinan lain.

Dan tentu saja, Google melengkapi Google TV dengan fungsi pencarian (search) untuk memudahkan pengguna melakukan navigasi dan pencarian channel TV, situs web, apps, pertunjukan online, video-video yang diupload di Youtube, dan film-film kesayangan. Pengguna cukup mengetikkan channel atau program yang ingin mereka tonton, dan Google akan membawa mereka ke sana..

Google mengumumkan kehadiran Google TV pada Google I/O pada 20 Mei 2010. Sebagaimana Android dan Google Chrome, Googe TV merupakan platform terbuka sehingga memungkinkan pengembang (developer) di luar Google untuk menciptakan aplikasi dan fitur-fitur baru di luar fitur standar yang telah ada. Pengembang web dapat menyesuaikan situs yang mereka buat agar "pas" apabila dilihat melalui Google TV. Untuk keperluan pembuatan berbagai apps dan pengayaan situs yang telah ada, Google akan segera merilis Google TV SDK dan web APIs untuk TV. Pengembang dapat memasarkan apps yang mereka buat melalui Android Market.

Kehadiran Google TV tampaknya disambut positif perusahaan-perusahaan perangkat keras maupun lunak yang bergerak di bidang teknologi pertelevisian. Google menggandeng Sony dan Logitech untuk menempatkan perangkat lunak Google TV pada peralatan seperti televisi, Blu-ray player dan companion boxes. Google juga menjalin aliansi strategis dengan perusahaan-perusahaan pengembang aplikasi televisi seperti Rovi dan Jinni.com yang menciptakan teknologi pencarian semantik dan fitur sosial (social features) untuk Google TV, dan Intel guna keperluan mengembangkan prosesor untuk Google TV.

Semoga info tentang Google TV Inovasi Terbaru Google ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua. salam Blogger Jutek
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Terjutek - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger